Blogs

 


Gallery Post

CARA MUDAH TERNAK AYAM KAMPUNG SUPER

By docjoper

Ayam kampung adalah merupakan salah satu jenis ayam yang banyak di ternak di Indonesia, ayam kampung ini tidak seperti ayam pedaging atau petelor, karena ayam kampung biasanya dibudidayakan dengan jumlah yang tidak banyak. Ayam kampung lebih sering juga menjadi ayam peliharaan yang tidak dibudidayakan secara massa. Dan tidak berasal dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersil. Sebagaimana unggas-unggas yang lain pada umumnya, Ayam kampung berkembang biak secara normal, Mereka melakukan kawin, bertelur dan ,mengeram untuk mendapatkan keturunan. Namun, Ayam kampung sangat berbeda dengan ayam pedaging dan petelur yang berkembang biak menggunakan zat-zat tertentu untuk memperbanyak jumlah populasinya. Oleh sebab itu, ayam kampung berkembang biak secara alamiah, kualitas daging dan telur dari ayam kampung lebih baik dari ayam petelur dan ayam pedaging. Gizi yang dihasilkan dari daging dan telur dari ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Ada beberapa langkah cara berternak ayam kampung dalam jumlah populasi sedikit atau banyak yang bisa kita lakukakan di rumah. Berikut ini beberapa langkahnya:

1. Cara ternak sistem umbaran

Cara ternak ayam kampung ini sangat efektif dilakukan di desa-desa, karena areal lahan tanah di pedesaan pada setiap rumah masih cukup luas. Kita cukup menyediakan kandang yang minimalis untuk berteduh nya ayam dari panas terik matahari, hujan, dan juga sebagai tempat bertelurnya, areal pekarangan juga kita beri penghalang atau pagar mengelilingi halaman agar ayam tidak pergi terlalu jauh. Kelebihan dari cara ternak ayam kampung ini adalah peternak dapat menekan biaya pakan karena hewan ternak bisa mendapatkan makanan dari alam bebas. Kelemahan dari cara ternak ayam kampung sistem ini adalah ayam berkembangbiak tidak terlalu intensif alias asal-asalan. Ayam cenderung beringas atau liar dan tidak mau masuk ke dalam kandang.

2. Cara ternak sistem semi intensif

Sistem semi intensif ini sangat membutuhkan tempat kandang untuk berlindung dan bertelur. Jika pakai sistem ini, maka telur ayam dapat dipisahkan dari induknya untuk ditetaskan dengan mesin tetas seperti inkubator. Dalam sistem ini, kita juga bisa membuat sebuah kandang koloni yang dapat di isi 5 ekor ayam betina dan 1 ayam jantan. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses berkembang biak pada ayam. Kelebihan pakai sistem ini adalah proses perkembang biakan ayam kampung yang akan lebih cepat, dan ayam kampung tidak terlalu liar atau beringas. Namun kekurangannya, kita harus lebih banyak menyediakan makanan karena ruang lingkup ayam bergerak tidak terlalu luas, minimal 2 kali sehari. selain itu ayam juga butuh perhatian penuh. Jangan lupa untuk selalu memantau kesehatan ayam secara berkala, yakni pemberian vaksin dan obat agar kebal dari segala penyakit. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang, bersihkan kotoran dan semprot dengan EM4 agar tidak berbau.

Bingung pilih sistem yang bagaimana ?

Jangan terlalu bingung, berternak itu mudah, asalkan anda telaten dan sabar, anda cukup sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi yang ada saja. Kadang kala bagi pemula biasanya mengalami kegagalan di awal, tapi lambat laut dari belajar pengalaman yang ada itu, kita akan memperoleh banyak pengalaman.

Ingat... Pengalaman adalah guru terbaik

SELAMAT BETERNAK

HARGA DOC AYAM JOPER HARI INI
HARGA DOC AYAM JOPER JAWA TIMUR : 500 rb - 600 rb per-box
HARGA DOC AYAM belum termasuk ongkos kirim

INFO PEMESANAN :

Search

DOC Ayam Jawa Super

Tags

DOC Joper
DOD Bebek
DOD Peking
DOCJOPER
Ayam Joper
Harga Joper

Text Widget

Harga Ayam Joper Saat ini, Harga Ayam Joper Siap Panen, Harga DOC Joper Pulau Jawa.