Blogs

 


Gallery Post

Cara Vaksinasi Ayam dan Jadwal Vaksinasi pada Ayam

By docjoper

Kesehatan adalah hal yang terpenting bagi makhluk hidup, begitu juga pada makhluk Allah yang bernama Ayam. Langkah selanjutnya bagi seorang peternak adalah wajib menjaga kesehatan binatang peliharaannya, sebab itu juga sangat berpengaruh bagi diri peternak dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, daya tahan tubuh seekor ayam harus kuat, Untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam supaya sehat dan kuat, biasanya peternak memberikan makanan dan minuman ber-nutrisi tinggi dan juga memberikan suplemen vitamin dan obat untuk menjaga daya tahan tubuh ayam tetap dalam kondisi prima. Selain itu, supaya ayam tidak mudah terserang penyakit maka perlu di vaksinasi. Pemberian vaksin juga tidak boleh sembarangan, perlu jadwal waktu dan kondisi yang tepat agar vaksinasi tidak membawa dampak yang buruk bagi ayam.
Vaksinasi merupakan langkah antisipas terhadap serangan virus pada ayam, dengan vaksinasi ini kita bisa memberikan kekebalan terhadap sang ayam atas serangan virus tertentu. vaksin tersebut antara lain vaksin AI, gumboro, ND, cacar, IB,dan mareks. Ada juga beberapa vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti vaksin kolera dan coryza
Pada umumnya vaksinasi pada ayam dibagi menjadi dua metode :
1. Vaksinasi live (hidup), yakni menggunakan cara tetes mata dan minuman.
2. vaksinasi kill (mati), yakni menggunakan cara suntik/injeksi,

Vaksinasi Live via tetes mata dan Air Minum:
Vaksinasi melalui tetes mata (intraocular), hidung (intranasal), dan mulut. Teknik ini diterapkan pada anak ayam usia kurang dari 7 hari, Cara bertujuan untuk mencegah netralisasi vaksin oleh antibody maternal (bawaan dari induk). Langkah ini sangat merepotkan dan memakan waktu serta tenaga karena dilakukan pada setiap ekor ayam, hal ini dilakukan agar dosis tepat dan merata untuk setiap ayam, sehingga sangat efektif sekali.
Vaksinasi Melalui Air Minum, Langkah ini di gunakan untuk jumlah populasi ayam yang sangat besar, serta menggunakan double dosis, Hal ini bertujuan agar Ayam yang minum sedikit mendapat dosin satu vaksin. Sebelum vaksinasi menggunakan media air minum ini, perlu sekiranya ayam berpuasa sekitar 2 sampai 3 jam tidak minum. Pergunakan air sumur yang sudah di endapkan semalam, jangan menggunakan air PAM atau PDAM, sebab biasanya air PDAM mengandung banyak kaporit. Perbanyak tempat air minum ayam, agar semua ayam dapat vaksin secara merata sampai habis. Setelah habis Botol bisa langsung di cuci Dan diisi dengan air lagi, jangan lupa bersihkan sisa vaksin, termasuk bekas botol vaksin dengan cara di pendam dalam tambah.
Vaksinasi metode penyuntikan
Vaksinasi ini menggunaka cara injeksi atau menyuntikkan vaksin, lokasi suntik bisa di daerah bawah kulit (subcutan), yakni pada area leher bagian belakang sebelah bawah dan pada otot (intramuscular) yaitu pada otot dada atau paha. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Terlebih dahulu Alat suntik nya dicuci dan di steril dengan alkohol 90%, atau bisa dengan cara direndam dan direbus selama 30 menit dihitung saat air mendidih
2. Terlebih dahulu vaksin di kocok dengan hati-hati hingga tercampur rata (homogen) sebelum disuntikkan
3. Lakukan Suntikkan vaksin pada ayam dengan hati-hati sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Untuk 1000 dosis vaksin dilarutkan dalam 500 cc aquades, untuk 500 dosis vaksin dilarutkan dalam 250 cc aquades dan demikian seterusnya. Setiap ekor ayam disuntik dengan dosis 0,5 cc pada otot dada
4. Konsumsi pakan, ayam KUB ini hanya sekitar 80 – 85 gram per-ekor per-hari. Konversi pakannya juga rendah karena dengan 3,8 kg pakan sudah menghasilkan 1 kg telur.
5. Kematian ayam KUB cukup rendah, Ayam KUB memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, dan juga kemampuan adaptasi ayam KUB ini sekitar 7,86% mampu adaptasi dengan cuaca ekstrem panas atau dingin.
Vaksinasi dengan cara suntikan harus dilakukan sevara hati-hati. Jika sampai ceroboh, maka akan berakibat fatal dan kegagalan vaksinasi. Contoh kegagalan dalam vaksinasi suntikkan ini antara lain ayam menjadi stress dan berujung pada kematian pasca penyuntikan, leher terpuntir (tortikolis), terjadinya abses (kebengkakan) pada leher, terjadi infeksi bakteri secara campuran dan ayam menjadi mengantuk kurang bergairah.

Demikian sedikit pengetahuan yang bisa kami bagikan pada para peternak,
Semoga dengan cara vaksinasi ini bisa meminimalkan angka kematian ayam
SALAM PETERNAK.................

HARGA DOC AYAM JOPER HARI INI
HARGA DOC AYAM JOPER JAWA TIMUR : 500 rb - 600 rb per-box
HARGA DOC AYAM belum termasuk ongkos kirim

INFO PEMESANAN :

Search

DOC Ayam Jawa Super

Tags

DOC Joper
DOD Bebek
DOD Peking
DOCJOPER
Ayam Joper
Harga Joper

Text Widget

Harga Ayam Joper Saat ini, Harga Ayam Joper Siap Panen, Harga DOC Joper Pulau Jawa.