Blogs

 


Gallery Post

sistem management budidaya ayam joper yang baik

By docjoper
Teknik pengaturan dalam pemeliharaan ayam joper sangatlah penting demi keberhasilan peternak di saat panen. Oleh karena itu kami akan memberikan sebuah artikel yang memperlihatkan secara garis besarnya tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai ternak ayam, terutama ayam joper. Berikut ini yang perlu peternak ketahui:

1. DOC
Daily Old Chick atau biasa dikenal dengan DOC, adalah bibit anak ayam usia sehari alias baru menetas. menjadi Langkah awal yang sangat penting bagi sobat ternak untuk memulai memelihara/beternak ayam joper. Langsung saja, Di sini kami ingin memberikan tips – tips dalam memilih Doc ayam super ( joper ) yang benar, dengan ciri – ciri sebagai berikut ;
- Mata Docnya Bersinar
- Bulunya Mengkilap Dan Halus
- Kaki Doc Tidak Kering
- Tidak Omphalitis
- Doc Tidak Cacat
- Doc Aktif
- Doc Fresh

Jika sobat ternak mengambil doc dari kami, maka tidak perlu khawatir karena semua itu sudah dilakukan sebelum pengiriman, jadi semua Doc yang sudah sampai ke para peternak sudah termasuk dalam kualifikasi di atas dan tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas Doc nya.

2. PAKAN
Pakan memiliki peranan nilai penting dalam memelihara ayam joper, menejemen pakan juga harus diperhatikan bagi peternak, sejak mulai dari waktu pemberian pakan, jenis pakan, kebutuhan pakan, manfaat pakan tersebut dan lain – lain, karena ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan ayam joper tersebut. Karena jika ayam sehat secara automatis ayam memiliki kualitas yang baik saat panen. Ayam joper memiliki dua fase untuk pakan tersebut;
- Pakan Starter
starter disini untuk ayam berumur 0 – 30 hari, maka berilah pakan yang ukuran partikel kecil ( super fine crumble)
- Pakan Finisher
Finisher disini dapat diartikan ayam yang umurnya sudah melebihi 30 hari sampai panen, maka dapat diberi makan yang berparticle fine crumble atau crumble.

3. KANDANG
Kandang menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh peternak. Kandang yang bersih dan steril menjadi hal yang baik bagi ternak itu sendiri. Sterilisasi dapat dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan sebelum Doc datang untuk diternak, namun bisa juga dilakukan secara berkala setiap satu minggu sekali atau satu minggu dua kali. Ventilasi udara juga penting untuk sirkulasi udara kandang untuk penempatan ventilasi ini juga harus tepat dengan kondisi kandang. Dibawah ini adalah poin - poin pendukung untuk keperluan kandang;
- Brooder
Brooder berfungsi sebagai penghangat untuk ayam yang masih usia Doc ( daily old chick ). Luas brooder 1m² untuk 80 - 100 ekor dengan tempat pakan dan minum yang cukup. suhu harus hangat dan merata sekitar ;
35°C untuk usia 0 - 3 hari
32 - 33°C untuk usia 4 - 7 hari
30 - 31°C untuk usia 8 - 14 hari
jika umur di atas 14 hari keatas maka suhu disesuaikan dengan cuaca dan iklim di tempat anda tersebut.
- Litter
litter biasanya digunakan untuk alas lantai pada kandang, selain itu dapat digunakan untuk kehangatan kakinya dan meresap kotoran yang basah. Litter biasanya menggunakan sekam padi atau sisa gergaji kayu sebenarnya untuk jenis - jenisnya itu sangat banyak sekali yah sobat ternak jadi salah satu contohnya yang sudah disebutkan tadi.
litter harus diperhatikan kapan waktunya untuk dibolak - balik, semua dapat dilihat dari kondisi litter tersebut jika basah maka hal tersebut harus dilakukan biasanya pengecekan dapat dilakukan satu minggu sekali atau dua minggu sekali, jika litter tersebut sudah kering dan kaku maka sebaiknya diganti dengan yang baru.
- TRA / TMA
TRA / TMA adalah singkatan dari tempat rangsum ayam / tempat minum ayam. untuk umur Doc anda bisa meletakan nampan untuk tempat makanya sobat, jika sudah berusia 2 minggu maka segera diganti penggunaanya dengan tra/tma yang digantung untuk menghindarkan dari sifat ayam yang seringmenceker - ceker. nah untuk tma atau tempat minumnya ayam penggunaanya lebih baik yang digantung saja. jumlah tpa/tma dapat disesuaikan dengan besarnya kandang dan berapa banyak ekor ayam.
- Lampu / IGP ( Induk Gas Pengganti )
Lampu/IGP( Induk Gas Pengganti ) juga menjadi syarat penting dalam pemeliharaan DOC, karena berfungsi sebagai alat penerangan di malam hari serta membantu penglihatan ayam karena ayam memiliki mata yang rabun. Lampu/IGP juga berfungsi untuk menghangatkan suhu tubuh bagi DOC. Jumlah lampu/IGP juga disesuaikan dengan kebutuhan kandang dan populasi ternak. Untuk mengetahui kebutuhan lampu sobat ternak dapat melihat dari DOC itu sendiri, jika DOC banyak yang berkumpul di tengah-tengah brooder atau dibawah Lampu/IGP itu bertanda bahwa DOC kedinginan dan apabila DOC merapat brooder berarti berindikasi terlalu panas.
- Vaksin dan Vitamin
Vaksin juga menjadi salah satu perawatan yang tak kalah penting bagi DOC, karena tanpa vaksin akan lebih mudah terserang penyakit yah sobat ternak. Kalian dapat memilih sendiri untuk vaksinnya, karena ada yang disuntik dan ada yang diteteskan. Selain itu jangan lupa untuk memberikan vitamin ke DOC secara berkala, karena untuk membantu daya tahan tubuh ayam agar menjadi lebih sehat.

Demikian sedikit berbagi pengalaman dari kami, semoga dapat bermanfaat
SALAM PETERNAK.................

HARGA DOC AYAM JOPER HARI INI
HARGA DOC AYAM JOPER JAWA TIMUR : 500 rb - 600 rb per-box
HARGA DOC AYAM belum termasuk ongkos kirim

INFO PEMESANAN :

Search

DOC Ayam Jawa Super

Tags

DOC Joper
DOD Bebek
DOD Peking
DOCJOPER
Ayam Joper
Harga Joper

Text Widget

Harga Ayam Joper Saat ini, Harga Ayam Joper Siap Panen, Harga DOC Joper Pulau Jawa.